07 Maret 2012

Hasil Rapat Chat Wil 1 Ismapeti

Rapat Wilayah melalui chat YM diadkan pada hari Senin, 5 Maret 2012.

dihadiri oleh : Stefhi Margy (Korwil 1 Sumatera Ismapeti), Iswahyudi (Ketua Bidang II/UNAND), Preti Pujioktori (Ketua Bidang V/Unja), Niko Prima (Ketua BEM Faterna UNAND), Nugraha Siwi (Ketua Hima Peternakan USU), Rizki Syahfitra (Ketua Hima Peternakan UNIB), dan Fadli (Ketua Hima Peternakan UGP).

Hasil Chat Wil :

1. Mengenai Isu2 Peternakan yg ada di daerah masing2.
  • Di daerah Sumbar terutama pesisir selatan, tanah datar, pariaman dan payakumbuh masih banyak kelompok2 tani yang masih membutuhkan tenaga sarjana peternakan dalam mengelola serta membina kelompok tani. Selain itu terkait program pemerintah Sumbar bekerjasama dengan dinas peternakan dan akademisi yaitu satu petani satu ekor sapi masih kurang maksimal. Hal ini karena pada tahun ini anggaran semakin besar dan karena belum maksimalnya evaluasi pada program pemerintah.
  • Di daerah Bengkulu, saat ini beredar peng IB yang bertindak jahil dengan menakuti peternak, pihak tersebut menakuti peternak dengan mengatakan bahwa sapi milik ternak diselidiki oleh dosen dan dinas terkait ternyata hal ini dilakukan agar peternak mengkaling /menjual sapi2 mereka.
  • Di daerah Sumut, isu terhangat yaitu mengenai teknologi pengolahan pakan. dinas terkait dan dosen serta mahasiswa sedang berupaya membuat teknologi pengolahan pakan untuk para peternak. hal ini dilakukan karena keluhan dari para peternak yang kurang mengerti dalam mengolah pakan pada saat hijauan mulai berkurang.
2. Beberapa kegiatan terdekat dan yg baru dlaksanakan dari setiap institusi yang berada di wilayah 1,yaitu :
  • Dalam waktu dekat Peternakan USU akan melaksanakan Dies Natalis ke -50 dan melaksanakan kegiatan Penghijauan Danau Toba Go Green menggunakan limbah peternakan.
  • Di UNIB telah terlaksananya Dies Natalis Peternakan UNIB dan kunjungan ke dinas peternakan.dan beberapa kegiatan yg dalam waktu dekat akan diadakan.hal ini dikarenakan Peternakan UNIB telah berganti ketua HIMA.
  • Faterna UNAND melaksanakan agenda tahunan pada bulan April 2012 yaitu Pekan Raya Peternakan dengan program unggulan lomba debat kajian peternakan tingkat perguruan tinggi se-sumatera dengan melibatkan UKMF dan aksi kampanye gizi.
  • BEM Fapet Unja melaksanakan program tahunan FAPET EXPO 2012 yg akan dilaksanakan pada bulan april dengan kegiatan2 unggulan,seperti seminar,lomba debat, kampanye gizi dan ajang kreativitas mahasiswa.
3. kegiatan terdekat Ismapeti Wilayah 1 yaitu :

TIMPI&BAMPI WIL 1 ISMAPETI yang akan dilaksanakan pada tggal 23-27 Maret 2012. kali in Fapet Unja yang menjadi tuan rumah dalam acara Ismapeti Wilayah 1 yaitu ,dengan berbagai kegiatan yaitu Malam Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, SemNas, Timpi, Bampi,Training Motivasi, Reaksi.yang nantinya akan diikuti oleh mahasiswa2 perwakilan dari masing2 institusi yg berada di wilayah 1.
ada beberapa perubahan yang diberikan oleh pantia yaitu pengiriman KI yg diawal pada tgal 5 maret di undur menjadi tgal 15 maret 2012.

4. Dari PB ISMAPETI telah meprogramkan akan dilaksanakannya Kajian Peternakan Nasional oleh PB ISMAPETI, Korwil dan seluruh Ketua Bem/Hima Fakultas/Jurusan Peternakan se-Indonesia. Kajian dilaksanakan antara 15-19 Maret 2012. Selanjutnya kajian akan dilaksanakan 2 kali dalam sebulan. pada minggu ke 2 dan 4. serta minggu ke 1 dan 3 untuk bargaining isu yang akan dikaji. Berita peternakan yang akan dikaji dikirim melalu facebook PB ISMAPETI, Twitter dan Milis ISMAPETI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar